Penelitian ini mengkaji besaran pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Di masa pandemi covid-19 merupakan sebuah tantangan bagi para guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa yang rendah pada pembelajaran daring. Guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar menjadi seseorang yang memegang peranan penting dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berprestasi. Gaya komunikasi guru diduga kuat sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini motivasi belajar siswa akan diukur menggunakan referensi teori kemungkinan elaborasi yang dikembangkan oleh Richard Petty dan John Cacioppo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa menggunakan IBM Statictic versi 25. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 siswa kelas delapan di MTs Negeri 4 Bantul yang belajar secara online. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Pertambahan motivasi belajar siswa ditentukan oleh gaya komunikasi guru saat melaksanakan kegiatan belajar secara daring saat pandemi covid-19.
Copyrights © 2022