Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Metakognitif peserta didik materi sistem reproduksi pada manusia dengan penerapan pendekatan multi representasi di SMP Negeri 2 Halmahera Utara (HALUT). Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik rata-rata pada siklus II adalah 86,67 dengan ketuntasan belajar 88%. Hasil observasi aktivitas pesrta didik dan guru pada siklus II berada pada kategori sangat baik dengn rata-rata skor masing-masing sebesar 3,8 dan 4,0. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan (KKM ≥ 70) sehingga penelitian tindakan dihentikan, sampai pada siklus II. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan metakongnitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Halmahera Utara.
Copyrights © 2023