Sciening : Science Learning Journal
Vol. 6 No. 1: Juni 2025

Pengembangan LKPD Berkonteks Socio-Scientific Issue Terintegrasi Argumentasi Ilmiah Pada Materi Laju Reaksi

Aini, Nur (Unknown)
Gazali, Fauzana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan kemampuan esensial dalam pembelajaran sains abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berkonteks Socio-Scientific Issue (SSI) yang terintegrasi argumentasi ilmiah pada materi Laju Reaksi untuk Fase F SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode Educational Design Research (EDR) dengan model pengembangan Plomp. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh tiga orang dosen kimia dan dua orang guru kimia, serta diuji kepraktisannya terhadap respon peserta didik dan guru melalui small group evaluation. Hasil uji validitas menggunakan Aiken's V menunjukkan nilai rata-rata 0,888 (kategori valid). Sementara itu, hasil uji praktikalitas memperoleh skor 81% (kategori praktis) dari respon peserta didik dan 89% (kategori sangat praktis) dari respon guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berkonteks SSI yang dikembangkan ini dinyatakan valid dan praktis, sehingga dapat dilanjutkan untuk uji coba efektivitasnya dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...