Pendidikan sebagai pilar utama pembangunan bangsa perlu meningkatkan kualitasnya untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, kreatif, dan inovatif. Kepemimpinan visioner krusial dalam merumuskan visi dan misi sekolah, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membangun tim kerja yang solid, mendorong inovasi, meningkatkan kompetensi guru, menjalin kemitraan strategis, dan melakukan evaluasi berkala. Penelitian menggunakan metode studi pustaka mengungkapkan peran penting kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengutamakan sumber-sumber seperti buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian. Temuan menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan efektif seperti transformasional, instruksional, dan kolaboratif memiliki keunggulan dan aplikabilitas yang bervariasi dalam pendidikan, bergantung pada tujuan dan kebutuhan spesifik lembaga pendidikan. Memahami serta menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dapat memperkuat lingkungan pendidikan yang dinamis, adaptif, dan fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran serta hasil pendidikan yang berkelanjutan.
Copyrights © 2024