Self-efficacy guru memiliki peran krusial dalam meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran siswa. Guru dengan self-efficacy tinggi mampu menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Tidak hanya dalam aspek akademik, self-efficacy guru juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan kepemimpinan siswa, sehingga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber yang membahas peran self-efficacy guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy guru mendukung pencapaian tujuan pendidikan dalam membentuk generasi yang kompeten, kreatif, dan berdaya saing. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inspiratif, guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting yang mendorong siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Oleh karena itu, penguatan self-efficacy guru menjadi strategi utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan
Copyrights © 2024