Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, khususnya pada materi pecahan, sering dianggap sulit karena menuntut kemampuan representasi visual dan pemahaman konsep yang abstrak. Hal ini berdampak pada rendahnya minat serta hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi pecahan berbasis Android menggunakan model pengembangan ADDIE serta menganalisis efektivitasnya terhadap peningkatan pemahaman siswa. Uji blackbox dilakukan untuk pengujian fungsionalitas. Pengujian efektifitas dilaksanakan pada 32 siswa kelas SD melalui pre-test dan post-test dengan hasil menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 71,51% pada pre-test menjadi 82,72% pada post-test. Hasil uji-T menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah penggunaan game, yang menunjukkan potensi keefektifan dalam membantu siswa memahami konsep pecahan.
Copyrights © 2025