DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 02 (2025): Oktober 2025

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Implementasi Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Studi Tentang Strategi dan Hasil

Anugraini, Putri Salsabilah (Unknown)
Prayogo, Muhammad Suwignyo (Unknown)
Febrian, Valentino Rahma (Unknown)
Fatah, Raihan Alimul (Unknown)
Nurohim, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika pada sekolah dasar dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka, terutama melalui model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), berhasil meningkatkan keaktifan, pemahaman konsep, dan motivasi belajar siswa. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kontekstual, dan bermakna. Namun, ditemukan tantangan berupa kebutuhan pelatihan guru secara berkelanjutan dan penyediaan sumber belajar yang lengkap serta memadai. Kesimpulannya, dukungan institusi dan sumber daya yang optimal sangat diperlukan agar pembelajaran matematika berbasis Kurikulum Merdeka dapat berjalan efektif dan hasil belajarnya meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...