Instink: Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komputer
Vol. 4 No. 2 (2025): Edisi Oktober

Pengembangan Platform Edukasi Berbasis Web untuk Tes Minat dan Bakat Siswa SLTA Menggunakan Framework Django

Febrian, Reza (Unknown)
Rizki, Uli (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) terhadap potensi diri sering menjadi kendala dalam menentukan pilihan studi lanjutan yang tepat. Minimnya akses terhadap layanan asesmen minat dan bakat yang sistematis mengakibatkan siswa sering mengalami kesulitan dalam memilih jurusan maupun karier yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform edukasi berbasis web untuk tes minat dan bakat siswa SLTA dengan memanfaatkan framework Django. Metode pengembangan yang digunakan adalah Extreme Programming (XP), yang menekankan pada iterasi cepat, kolaborasi tim, serta umpan balik pengguna secara berkelanjutan. Platform ini dilengkapi dengan fitur autentikasi pengguna, pelaksanaan tes, analisis hasil otomatis, dan rekomendasi jurusan berdasarkan hasil tes. Hasil pengujian menggunakan Black Box Testing menunjukkan bahwa sistem berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan dapat diakses secara daring melalui perangkat desktop maupun mobile. Dengan demikian, platform ini diharapkan dapat membantu siswa mengenali potensi diri mereka secara lebih akurat, serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi pendidikan berbasis web dengan pendekatan agile.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Instink

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Other

Description

INSTINK : (Inovasi Pendidikan, Teknologi Informasi & Komputer) berisi artikel-artikel pendidikan teknologi informasi termasuk juga temuan-temuan yang bersifat sistem informasi. INSTINK merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran inovatif ...