ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan publik di kantor desa bonto tangnga kecamatan uluere kabupaten bantaeng. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 1) Bukti langsung (tangibles), kualitas pelayanan berupa sarana fisik perkantoran, komputerisasi administrasi, ruang tunggu 2) Kehandalan (reliability), kecermatan aparatur dalam memberikan pelayanan serta penguasaan penggunaan alat bantunya sudah optimal. 3). Daya tanggap (responsiveness), terkait daya tanggap aparatur telah membantu dan menyediakan pelayanan secara cepat dan tepat. 4) Jaminan (assurance), Aparatur mampu dan ramah serta sopan dalam meyakinkan masyarakat, dan juga Aparatur telah meningkatkan kualitas pelayanan dimana mereka telah menetapkan jaminan tepat waktu dalam pelayanan. 5) Empati (emphaty), Aparatur telah mendahulukan kepentingan masyarakat dan menjadikannya sebagai prioritas utama
Copyrights © 2024