Jurnal Tuturan
VOL 11, NO 2 (2022): TUTURAN JURNAL PENDIDIKAN, BAHASA DAN SASTRA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MUARA BUNGO

Oktri Putri. M, Amelia Manasye (Unknown)
Suwardi, Imam (Unknown)
Priyanto, Priyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Adapun tujuan diadakannya penelitian ini yakni menguraikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Jenis penelitian termasuk eksperimen. Sampel penelitian diperoleh dari siswa dari dua kelas dengan total 65 orang. Seluruh sampel diuji dan diambil denngan teknik purposive sampling. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian langsung diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan SPPS 16.0. Hasil penelitian terdiri atas nilai rerata pretest kelas eksperimen (71,25) dan nilai rerata pretest kelas kontrol (69). Nilai rerata posttest kelas eksperimen (92,5) dan nilai rerata posttest kelas kontrol (55). Hasil uji hipotesis dengan Paired Samples Test yaitu nilai signifikan sebesar 0,00  yang lebih kecil daripada 0,05 sehingga Hο ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning memberikan berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Bungo. Guru disarankan untuk menggunakan model tersebut selama kegiatan belajar mengajar untuk mendorong minat siswa dalam nenulis, membuat siswa aktif dalan kelas, dan meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnaltuturan

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JURNAL TUTURAN diterbitkan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL TUTURAN tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang pendidikan dengan ruang lingkup Pendidikan, Bahasa, Budaya dan Teknologi Pembelajaran. JURNAL TUTURAN menerima ...