Kemampuan berpikir kreatif penting untuk dimiliki peserta didik. Namun pada kenyataannya pembelajaran menggunakan metode ceramah dan tes tulis menggunakan kertas membuat siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dan kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran sudah saatnya diterapkan pada zaman ini. Selain itu kearifan lokal berupa cerita rakyat yang semakin kurang populer juga diperlukan adanya cara untuk melestarikannya. Salah satu alternatif untuk melestarikan kearifan lokal yaitu dengan menintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi yang didalamnya memuat game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari implementasi aplikasi ethno-edugames dalam kegiatan belajar terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest yang terdiri dari 50 soal pilihan ganda. Hasil penelitian memproleh skor dari perhitungan N-gain sebesar 0,75 yang termasuk kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh dari aplikasi ethno-edugames dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Creative thinking skills are important for students to have. However, in reality, learning using the lecture method and written tests using paper makes students have low learning motivation and lack of students' creative thinking skills. The use of technology in learning is time to be applied in this era. In addition, local wisdom in the form of folklore which is increasingly less popular also requires a way to preserve it. One of the alternatives to preserve local wisdom is by integrating it into the learning process made by utilizing technology which includes educational games. The purpose of this research was to determine the effect of the implementation of ethno-eduganes applications in learning activities on improving students' creative thinking skills on ecosystem material. This research used a quantitative approach with pre-experiment method with data collection techniques using pretest and postest questions consisting of 50 multiple choice questions. The results of scores from the N-gain calculation of 0.75 which included high criteria. This showed there is an effect of the ethno-edugames application in improving students' creative thinking skills.
Copyrights © 2025