Epistema
Vol. 6 No. 1 (2025): Vol. 6 No. 1 (2025)

Mind Mapping Instan vs. Manual: Studi Komparatif Coggle dan Mapify dalam Hyper-Learning

Nurjanah, Agustina (Unknown)
JIdda, Nadira (Unknown)
Firnando, Firnando (Unknown)
Salsabila, Unik Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Konsep berpikir di era digital adalah dengan menggunakan klasifikasi-klasifikasi tertentu atau biasa disebut dengan mind mapping. Konsep berpikir ini sangat mendukung pola hyper-learning dalam pembelajran. Penggunaan mind mapping di dalam kelas sudah banyak digunakan dan diteliti oleh peneliti sebelumnya. Studi komparatif ini membandingkan dua alat mind mapping manual dan instan berbasis digital dengan pendekatan artifiacial intelligence. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua alat presentasi mind mapping berbasis digital dan articifial intelligence menggunakan coggle dan mapify dalam menunjang kemampuan hyper-learning. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi literatur kualitatif dengan analisis data studi pustaka. Analisis data menggunakan analisis naratif dengan memahami dan menginterpretasikan makna, struktur dan konten narasi dari sumber yang diambil. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping berbasis artificial intelligence dengan alat mapify dianggap lebih efektif dalam mendukung kemampuan hyper-learning khususnya kemampuan kognitif, meskipun demikian perlu adanya edukasi terkait kesadaran manusia akan potensi masalah yang akan terjadi terhadap penggunaan artifiacial intelligence.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

epistema

Publisher

Subject

Education

Description

Epistema is a showcase of original and scrupulously conducted research in educational technology. The scope includes curriculum development & course design, innovation in learning, technology in learning, digital technology in education, evaluation of technology application in education and etc. in ...