DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Transformasi Peran Guru Sekolah Dasar Sebagai Fasilitator Pembelajaran Abad ke-21

Nursakinah, Nursakinah (Unknown)
Sulistian, Erlin (Unknown)
Muhammad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Transformasi peran guru sekolah dasar menjadi fasilitator pembelajaran merupakan respons terhadap tuntutan kompetensi abad ke-21. Guru tidak lagi hanya sebagai penyampai materi, tetapi berperan sebagai pemandu, pengarah, dan pembimbing dalam menciptakan proses belajar yang aktif, kreatif, kolaboratif, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk transformasi peran guru dalam pembelajaran abad ke-21 dan faktor-faktor pendukungnya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru sebagai fasilitator dituntut menguasai teknologi, menerapkan pembelajaran berbasis proyek, dan membangun lingkungan belajar yang menyenangkan dan inklusif. Diperlukan pelatihan berkelanjutan dan dukungan kebijakan yang mendorong penguatan peran guru dalam ekosistem pendidikan modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...