Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli ditemukan masalah yaitu (a) Kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, dan (b) Model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di UPTD SMP Negeri 2 Gunungsitoli. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh, yaitu siswa kelas VII-A yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B yang berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berbentuk essay test kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis satu pihak, diperoleh nilai thitung = 5,373 dan nilai ttabel = 1,675. Karena thitung > ttabel atau 5,373 > 1,675maka tolak Ho terima Ha, yang berarti “Ada pengaruh model pembelajaran STEM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa”.
Copyrights © 2026