Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPA kelas V SDN Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode Pre experiment design menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas V SDN Jeruk 1 Miri dengan jumlah sampel sebanyak 28 Peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 12,325. Nilai thitung jika dibandingkan dengan ttabel dengan dk = (N-l) jadi (28-1) = 27 dalam taraf signifikansi 5% yaitu 2,045 lebih besar yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Karena thitung 12,325 lebih besar dari pada 2,045 ini berarti menegaskan bahwa ada Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Game Wordwall Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Jeruk 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2022/2023 diterima kebenarnanya.
Copyrights © 2023