JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Self Confidence Siswa Kelas X Fase E SMA Negeri 1 Salimpaung

Fadlan, M. (Unknown)
Suryani, Mulia (Unknown)
Yunita, Alfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self confidence siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap self confidence siswa kelas X Fase E SMAN 1 Salimpaung.Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah semua siswa Fase E SMAN 1 Salimpaung Tahun Pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yang merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu . Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quisioner self confidence siswa. Berdasarkan hasil analisis Deskriptif diperoleh rata-rata 74,31 untuk hasil tes pretest dan diperoleh rata-rata 81,41 untuk posttest. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Uji signifikan (uji-t). Dari hasil perhitungan Uji t didapat nilai tabel = 2,04 dan t hitung = 5,24 artinya maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model Quiz Team terhadap self confidence siswa Fase E SMAN 1 Salimpaung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...