JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Menjelang Ujian

Yulianti, Yulianti (Unknown)
Ouvia, Nabila (Unknown)
Aprillia, Serly (Unknown)
Chouva, Sabrina Dauna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Artikel berjudul "Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Menjelang Ujian" memberikan penjelasan tentang bagaimana metode konseling kelompok dapat diterapkan, khususnya Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), dalam membantu siswa mengendalikan kecemasan yang dialami sebelum ujian. Kecemasan siswa sering kali dipicu oleh berbagai faktor, termasuk tekanan akademik, kekhawatiran akan hasil ujian, dan persepsi negatif terhadap kemampuan diri. Pendekatan REBT untuk konseling kelompok terbukti menurunkan kecemasan siswa. Pendekatan ini bekerja dengan mengubah pola pikir irasional yang menjadi sumber kecemasan siswa menjadi lebih rasional, sehingga siswa mampu menghadapi ujian dengan lebih tenang dan percaya diri. Dinamika kelompok memberikan keuntungan tambahan dengan adanya dukungan emosional dan pengalaman berbagi antar anggota, yang turut mempercepat proses pengurangan kecemasan. Proses konseling dibagi dalam beberapa tahap, dimulai dari pembentukan hubungan, pengelolaan pikiran, pengelolaan emosi, hingga pengelolaan perilaku. Teknik yang digunakan seperti disputing irrational beliefs, refleksi kelompok, dan latihan relaksasi membantu siswa dalam merespons kecemasan dengan cara yang lebih efektif dan sehat. Hasil penelitian menunjukkan, melalui pengujian kualitatif dan kuantitatif, penurunan yang signifikan dalam tingkat kecemasan siswa setelah layanan konseling kelompok ini diberikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...