Artikel berjudul "Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Menjelang Ujian" memberikan penjelasan tentang bagaimana metode konseling kelompok dapat diterapkan, khususnya Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), dalam membantu siswa mengendalikan kecemasan yang dialami sebelum ujian. Kecemasan siswa sering kali dipicu oleh berbagai faktor, termasuk tekanan akademik, kekhawatiran akan hasil ujian, dan persepsi negatif terhadap kemampuan diri. Pendekatan REBT untuk konseling kelompok terbukti menurunkan kecemasan siswa. Pendekatan ini bekerja dengan mengubah pola pikir irasional yang menjadi sumber kecemasan siswa menjadi lebih rasional, sehingga siswa mampu menghadapi ujian dengan lebih tenang dan percaya diri. Dinamika kelompok memberikan keuntungan tambahan dengan adanya dukungan emosional dan pengalaman berbagi antar anggota, yang turut mempercepat proses pengurangan kecemasan. Proses konseling dibagi dalam beberapa tahap, dimulai dari pembentukan hubungan, pengelolaan pikiran, pengelolaan emosi, hingga pengelolaan perilaku. Teknik yang digunakan seperti disputing irrational beliefs, refleksi kelompok, dan latihan relaksasi membantu siswa dalam merespons kecemasan dengan cara yang lebih efektif dan sehat. Hasil penelitian menunjukkan, melalui pengujian kualitatif dan kuantitatif, penurunan yang signifikan dalam tingkat kecemasan siswa setelah layanan konseling kelompok ini diberikan.
Copyrights © 2024