Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan media Youtube, kendala-kendala yang dihadapi guru dan tindak lanjut yang dilakukan guru yang mengajar di kelas X dalam menerapkan media Youtube dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah (1) modul ajar, (2) proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, (3) data proses berupa LKPD sedangkan data hasil adalah karya tulis laporan hasil observasi siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan PBM (Proses Belajar Mengajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, guru telah menerapkan media Youtube dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK N 9 Padang. Kedua, terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia saat menerapkan media Youtube dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMK N 9 Padang. Ketiga, tahap pengevaluasian pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan rubrik penilaian menulis teks laporan hasil observasi. Keempat, upaya yang dilakukan adalah menyediakan sarana/alat yang dibutuhkan dalam proses penerapan media Youtube dalam pembelajaran keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, dan bagi yang tidak memiliki paket internet bisa dengan, (1) membentuk kelompok, (2) menayangkan di depan kelas, (3) searching/download video Youtube sebelum mulai pembelajaran.
Copyrights © 2024