Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan penelitian quasi eksprerimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan bentuk one-group pre-test-post-test-desain. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan teknik judgment sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas. Data pada penelitian ini berbentuk skor yang dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks berita pada sampel. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga hasil tersebut sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual memperoleh rata-rata sebesar 63,88 dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bayang sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual memeperoleh rata-rata sebesar 78,51 dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks berita. Hal ini dapat dilihat nilai thitung > ttabel (4,43 > 1,86) pada taraf signifikan yaitu 0,05 dan taraf kepercayaan sebsar 95%.
Copyrights © 2024