JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Prinsip Dasar dan Teknik Tenis Lapangan: Sebuah Tinjauan Teoritis

Oroh, Mhd. Fahriza Pratama (Unknown)
Willi, Dian Asifa (Unknown)
Hasibuan, Nabila Bilqis (Unknown)
Hura, Irfan Gunawan (Unknown)
Nurkadri, Nurkadri (Unknown)
Sirait, Todo Bonardo (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Tenis lapangan adalah olahraga yang telah berkembang secara signifikan sejak awal kemunculannya, menjadi salah satu cabang olahraga paling populer dan kompetitif di dunia. Artikel ini menyajikan tinjauan komprehensif tentang aspek-aspek fundamental tenis lapangan, mencakup sejarah, perkembangan teknik, dan prinsip-prinsip dasar permainan. Dimulai dengan penelusuran evolusi historis olahraga ini, artikel membahas transformasi tenis dari permainan bangsawan menjadi fenomena global. Selanjutnya, fokus diberikan pada aturan dasar dan format pertandingan yang membentuk struktur unik permainan tenis modern. Analisis mendalam tentang teknik pukulan fundamental—termasuk servis, forehand, backhand, dan volley—menyoroti kompleksitas biomekanik dan kinesiologi yang terlibat dalam eksekusi pukulan yang efektif. Prinsip-prinsip strategi dan taktik diuraikan, menekankan pentingnya adaptabilitas dan pengambilan keputusan dalam konteks permainan yang dinamis. Artikel juga mengeksplorasi berbagai faktor yang mempengaruhi performa atlet, dari aspek fisik dan teknis hingga komponen mental dan taktis. Pembahasan tentang perkembangan teknologi dalam pelatihan dan analisis permainan menyoroti evolusi berkelanjutan dalam pendekatan terhadap olahraga ini. Tinjauan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman holistik tentang tenis lapangan, yang bermanfaat bagi pemain, pelatih, peneliti, dan penggemar olahraga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...