JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Tindak Tutur Ekspresif Dan Strategi Bertutur Guru Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Teks Prosedur Kelas VII SMP Negeri 28 Padang

Ramadani Putri, Meysi (Unknown)
Noveria, Ena (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran teks prosedur kelas VII SMP Negeri 28 Padang. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat yang dikomunikasikan oleh guru Bahasa Indonesia dalam preoses pembelajaran Kelas VII SMPN 28 Padang. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLBC, catat dan rekam. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, lima bentuk tindak tutur ekspresif guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran teks prosedur siswa kelas VII SMPN 28 Padang, (1) tindak tutur ekspresif mengkritik sebanyak 30 tuturan, (2) tindak tutur ekspresif memuji ditemukan sebanyak 28 tuturan, (3) tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih ditemukan sebanyak 9 tuturan, (4) tinfdak tutur meminta maaf ditemukan sebanyak 7 tuturan, (5) tindak tutur menyalahkan ditemukan sebanyak 3 tuturan. Kedua, empat strategi bertutur guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran teks prosedur kelas VII SMPN 28 Padang , (1) bertutur terus terang tanpa basa-basi sebanyak 34 tuturan, (2) bertutur dengan kesantunan positif sebanyak 23 tuturan, (3) bertutur dengan kesantunan negatif sebanyak 19 tuturan, (4) bertutur samar-samar sebanyak 1 tuturan. Penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, informasi dan wawasan tentang bagaimana penggunaan tindak tutur ekspresif guru dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa tindak tutur ekspresif mengkritik sering digunakan dalam proses pembelajaran. Strategi bertutur yang paling dominan adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...