Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk. Ketiga, menganalisis kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025, yaitu sebanyak 365 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan simple random sampling, yaitu 75 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks cerpen sebagai variabel terikat. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yakni tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman siswa dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerpen siswa. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 52,98. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,08. Ketiga, kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk sebesar 6,30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman memiliki kontribusi terhadap keterampilan menulis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Guguk.
Copyrights © 2024