JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Narasi Peserta Didik Menggunakan Metode SQ3R di Kelas V SDN 08 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Pramudita, Indah (Unknown)
Sukma, Elfia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan peserta didik dalam membaca pemahaman teks narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman teks narasi peserta didik menggunakan metode SQ3R di kelas V SDN 08 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian PTK menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes, nontes, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan: a) Modul ajar siklus I 86%, siklus II 94% b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I 82,14%, siklus II 96,42% c) Pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I 82,14%, siklus II 96,42% d) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 77,45, siklus II 86,5. Dengan demikian metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks narasi peserta didik di kelas V SDN 08 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...