JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Layanan Konseling Individu dengan Teknik Penerimaan terhadap Self-Esteem Siswa SMPN 35 Medan

Siregar, Nova Susanti Br (Unknown)
Arsini, Yenti (Unknown)
Irwan, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian dilakukan berjudul “Pengaruh Layanan Konseling individu Dengan Teknik Penerimaan Terhadap Self Esteem Siswa di SMPN 35 Medan” dilatarbelakangi oleh temuan lapangan menunjukkan bahwa siswa mengalami rendahnya self esteem ditandai dengan terdapat siswa tidak nyaman berada diruangan Bk, kurang terbuka ,memiliki rasa cemas berlebihan, tidak percaya dengan bimbingan konseling, tidak paham dengan Apa itu layanan konseling.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu dengan teknik tenerimaan di SMPN 35 Medan, Apakah layanan konseling individu efektif dengan Teknik penerimaan untuk meningkatkan self Esteem siswa di SMPN 35 Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk korelasi . Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII A yang terdiri 8 kelas berjumlah 253 siswa, penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampilng. Sampel berjumlah 4 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan skala self esteem. Semua instrumen telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas serta telah lulus dari uji prasyarat. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat teknik penerimaan terhadap self –esteem dengan nilai rata-rata diperoleh nilai deviation from linearity sebesar 0,088 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier secara signifikan antara variabel X dan variabel Y. Hal ini diperoleh diketahui bahwa diperoleh nilai pada Adjusted R Square sebesar 0.900 atau 90%, maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh layanan konseling individu dengan teknik penerimaan terhadap Self-Esteem sebesar 90%. Sedangkan sisanya sebesar 10% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...