JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Video Pembelajaran Berbasis Animaker Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Hidrosfer Kelas X MAN 1 Solok Plus Keterampilan

Safitri, Intan (Unknown)
Novio, Rery (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Video Pembelajaran Berbasis Animaker Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Dinamika Hidrosfer Kelas X MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan yaitu berupa uji pendahuluan. Dari uji pendahuluan didapatkan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu X.E2 (29 siswa) sebagai kelas eksperimen dan X.E1 (29 siswa) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif animaker, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil uji-t terhadap hasil belajar memperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05, yang menunjukkan H01 ditolak dan Ha1 diterima berarti ada peningkatan pada hasil belajar siswa yang diberi perlakuan menggunakan media interaktif animaker pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media interaktif animaker. Sementara hasil uji-t terhadap motivasi memperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H02 ditolak dan Ha2 diterima yang berarti meningkatnya motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan menggunakan media interaktif video pembelajaran animaker sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil dan motivasi belajar pada kelas yang menggunakan media interaktif video pembelajaran animaker dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media terhadap hasil dan motivasi belajar pada materi dinamika hidrosfer kelas X MAN 1 Solok Plus Keterampilan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...