Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang sebelum dan sesudah menggunakan Model discovery learning berbantuan media visual, serta menganalisis pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, khususnya desain pre-eksperimen one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa sebelum penerapan Model discovery learning berbantuan media visual berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 70,28. Setelah penerapan, keterampilan menulis siswa meningkat menjadi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 87,01. Analisis statistik menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan Model discovery learning berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis, dengan nilai \(t_hitung\) lebih besar dari \(t_tabel\) (6,51 > 1,68). Efektivitas model ini tercermin dari persentase n-gain sebesar 56,32%, yang termasuk kategori cukup efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa Model discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan observasi siswa dan berpotensi menjadi metode yang efektif dalam pembelajaran menulis.
Copyrights © 2024