JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Padang

Eliza Purnamalia, Winda (Unknown)
R, Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang sebelum dan sesudah menggunakan Model discovery learning berbantuan media visual, serta menganalisis pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, khususnya desain pre-eksperimen one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa sebelum penerapan Model discovery learning berbantuan media visual berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 70,28. Setelah penerapan, keterampilan menulis siswa meningkat menjadi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 87,01. Analisis statistik menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan Model discovery learning berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis, dengan nilai \(t_hitung\) lebih besar dari \(t_tabel\) (6,51 > 1,68). Efektivitas model ini tercermin dari persentase n-gain sebesar 56,32%, yang termasuk kategori cukup efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa Model discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan observasi siswa dan berpotensi menjadi metode yang efektif dalam pembelajaran menulis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...