JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Crossword Puzzle Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 1 Linggo Sari Baganti

Rahmadani, Dhiny (Unknown)
Yanto, Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Crossword Puzzle terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 1 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas VIII. 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang diberikan saat pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Crossword Puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dilihat dari tingginya hasil belajar setelah diberikan treatment (perlakuan). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t atau Independent sample t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 > 0,05 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Crossword Puzzle dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan model konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...