JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi

Rizki, Restu (Unknown)
Abdurahman, Abdurahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 210 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 68 siswa yang ditentukan berdasarkan nilai rata-rata dan standar deviasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi menggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media audiovisual memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,19 dengan kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi menggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata sebesar 61,93 dengan kualifikasi Cukup (C). Ketiga, berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung>ttabel sehingga hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)=n-1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...