Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 210 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 68 siswa yang ditentukan berdasarkan nilai rata-rata dan standar deviasi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi menggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media audiovisual memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,19 dengan kualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi menggunaan model pembelajaran project based learning berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata sebesar 61,93 dengan kualifikasi Cukup (C). Ketiga, berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung>ttabel sehingga hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)=n-1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Bukittinggi.
Copyrights © 2024