JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Validasi Desain E-LKPD Fisika Berbasis POGIL Untuk Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Vektor dan Kinematika

Mizentika, Nichia (Unknown)
Asrizal, Asrizal (Unknown)
Hufri, Hufri (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran abad 21 yang memiliki harapan berupa mampu menyajikan proses belajar yang inovatif, kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikasi. Hasil studi awal memperlihatkan keterampilan berpikir secara kritis dari peserta didik masih rendah. Solusi dari permasalahan ini yakni dengan mengembangkan E-LKPD fisika berbasis POGIL dalam memfasilitasi keterampilan untuk memiliki pemikiran yang kritis pada materi vektor dan kinematika. Penelitian yang dilaksanakan digolongkan dalam development research yang memakai model pengembangan Plomp. Tujuan penelitian ini adalah menentukan hasil uji validitas E-LKPD fisika berbasis POGIL. Angka ini didapatkan melalui pengujian validitas ahli kuisioner. Nilai validasi E-LKPD sebesar 0,87 diraih rata-rata mengacu terhadap analisis data yang dilaksanakan. Hasil dari analisis data bisa ditarik kesimpulan yakni untuk keseluruhan komponen E-LKPD diraih dalam kategori valid mengacu pada nilai yang didapatkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...