Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini bertujuan meningkatan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan suatu pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam suatu pembelajaran, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) di kelas V dengan jumlah siswa 30 orang bertempat pada SDN Batujaya VI Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang yang terdiri dari tiga siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan dengan peserta didik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata test akhir yang dilaksanakan setiap siklus. Dengan perbandingan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 12.7 dan presentasenya adalah 3.33% dengan hasil siklus I, selanjutnya pada siklus III selisih hasil rara-rata siswa mencapai 7.8 dan presentasenya adalah 14% dengan hasil rata-rata siklus II. Dengan memperhatikan hasil yang dicapai melalui aktivitas siswa, hasil evaluasi serta pernyataan angket siswa penelitian ini menglami peningkatan pada setiap siklusnya, maka penelitian ini dinyatakan telah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti
Copyrights © 2024