JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pecahan melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri Batujaya VI

Siswanto, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini bertujuan meningkatan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan suatu pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam suatu pembelajaran, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) di kelas V dengan jumlah siswa 30 orang bertempat pada SDN Batujaya VI Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang yang terdiri dari tiga siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan dengan peserta didik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata test akhir yang dilaksanakan setiap siklus. Dengan perbandingan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 12.7 dan presentasenya adalah 3.33% dengan hasil siklus I, selanjutnya pada siklus III selisih hasil rara-rata siswa mencapai 7.8 dan presentasenya adalah 14% dengan hasil rata-rata siklus II. Dengan memperhatikan hasil yang dicapai melalui aktivitas siswa, hasil evaluasi serta pernyataan angket siswa penelitian ini menglami peningkatan pada setiap siklusnya, maka penelitian ini dinyatakan telah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...