JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Negeri 026 Tambusai

Habibah, Nur (Unknown)
Safrudin, Safrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 026 Tambusai dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 026 Tambusai dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 6 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis, observasi dan wawancara/ angket. Hasil belajar siswa-siswi kelas IV SD Negeri 026 Tambusai yang berjumlah 22 siswa pada siklus I adalah adalah 40,9% dan siklus II adalah 68,18%. Berdasarkan data persentase tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan persentase dari dari siklus I ke siklus II sebesar 27,28%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...