Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 026 Tambusai dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 026 Tambusai dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 6 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis, observasi dan wawancara/ angket. Hasil belajar siswa-siswi kelas IV SD Negeri 026 Tambusai yang berjumlah 22 siswa pada siklus I adalah adalah 40,9% dan siklus II adalah 68,18%. Berdasarkan data persentase tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan persentase dari dari siklus I ke siklus II sebesar 27,28%.
Copyrights © 2024