JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Materi Ajar Teks Anekdot Berbantuan Aplikasi Powtoon Kelas X di SMA

Canty, Rizka Tri (Unknown)
Arif, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan proses pengembangan materi ajar teks anekdot berbantuan aplikasi Powtoon kelas X di SMA, (2) mendeskripsikan bentuk pengembangan materi ajar teks anekdot berbantuan aplikasi Powtoon kelas X di SMA, (3) mendeskripsikan kelayakan materi ajar teks anekdot berbantuan aplikasi Powtoon kelas X di SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 18 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket analisis kebutuhan peserta didik, kemudian angket validasi ahli materi, dan juga angket validasi ahli media menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar teks anekdot berbantuan aplikasi Powtoon termasuk kategori sangat baik dengan mendapat nilai rata-rata 89% dari validator ahli materi, dan nilai rata-rata 88% dari validator ahli media. Hal ini menunjukkan bahwa materi teks anekdot berbantuan aplikasi Powtoon yang dihasilkan dari penelitian ini dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran teks anekdot di kelas X.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...