JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Sekolah Fase F SMS/MA Pada Materi Ikatan Kimia

Feriani, Feby (Unknown)
Zainul, Rahadian (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka dengan paradigma baru menekankan pendekatan yang menempatkan peserta didik sebagai fokus utama dalam proses pembelajaran. Pada konteks ini, berbagai metode dan model pembelajaran, termasuk model berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL), bisa diimplementasikan. Modul sebagai bahan ajar memiliki peranan penting dalam mendukung PBL. Namun, saat ini belum ada modul berbasis PBL untuk materi Ikatan Kimia. Berdasarkan wawancara dengan tiga guru kimia dari SMAN 1 Ranah Batahan, SMAN 2 Ranah Batahan, dan SMAN 1 Koto Balingka, ditemukan bahwa pembelajaran Ikatan Kimia masih kurang berfokus pada peserta didik dan belum memanfaatkan modul sebagai sumber ajar utama. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini guna mengembangkan modul berbasis masalah untuk materi Ikatan Kimia, dengan penekanan pada penilaian validitas dan kepraktisannya. Studi ini menerapkan metode Educational Design Research (EDR) dengan model Plomp, yang dibatasi hingga tahap prototipe IV. Subjek penelitian terdiri dari empat dosen Universitas Negeri Padang, dua guru, dan 20 siswa dari SMAN 1 Ranah Batahan. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan tergolong valid dengan rata-rata nilai validitas sebesar 0,83. Selain itu, modul ini juga dinyatakan praktis, dengan tingkat kepraktisan rata-rata sebesar 86% dari guru dan 88% dari siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa modul tersebut dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...