JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Ekstrakurikuler Tari Piring Kreasi di SMA N 15 Padang

Azzara Rahtu Keyoza, Refika (Unknown)
Syeilendra, Syeilendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ekstrakurikuler tari piring kreasi di SMA N 15 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen yang digunakan adalah peliti sendiri dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera dan gadget/smarthone. Data dikumpulkan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data dan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan ekstrakurikuler tari piring kreasi di SMA N 15 Padang telah terkoodinir dengan baik sesuai program yang dibuat oleh Pembina mulai dari jadwal, waktu dan tujuan program tersebut. Pelaksanaan ekstrakurikuler tari piring kreasi di SMA N 15 Padang dapat berjalan dengan baik dan berupaya semaksimal mungkin dalam melaksanakan estrakurikuler seni tari sesuai dengan jadwal, hanya saja mendapati kendala beberapa siswa tidak disiplin. Hal ini tentu saja menjadi kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler, sehingga perlu adanya dukungan dari pihak sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi, proses keberhasilan siswa dalam setiap pertemuan latihan tari piring kreasi terus meningkat dan pencapaian target latihan juga tercapai meskipun dalam 4 kali pertemuan siswa sudah mampu menarikan tari piring kreasi hal ini dibuktikan dengan penampilan siswa saat pembukaan acara career day.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...