Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan situasional dan budaya organisasi sekolah terhadap produktivitas guru di MA Imaduddin Kota Pontianak. Metode penelitian adalah studi kasus, alat pengumpulan data menggunakan angket, analisis menggunakan uji t parsial, korelasi bivariate pearson, dan uji f simultan. Temuan utama adalah terdapat pengaruh kepemimpinan situasional terhadap produktivitas guru di MA Imaduddin Kota Pontianak. Dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 lebih kecil dari pada 0,05. Variabel budaya organisasi sekolah berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas guru di MA Imaduddin Kota Pontianak. Dibuktikan dengan nilai sig. 0,002 lebih kecil dari pada 0,05. Kesimpulan penelitian ini, kepemimpinan situasional dan budaya organisasi sekolah secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap produktivitas guru sebesar 84,1%. Sedangkan sisanya 17,9% (100% - 84,1% = 17,9%) dipengaruhi variabel lain.
Copyrights © 2024