JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Desain Media Ajar Sains Berbasis E-Modul untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Paserta Didik Jenjang SMP

Zikriana, Lissa (Unknown)
Sharfina, Sharfina (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam dunia pendidikan. Pada abat 21, penggunaan media ajar yang bervariatif berbasis digital dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi akan menjadi salah satu strategi pembelajaran saat ini. Urgensi dari penelitian ini adalah memberi alternatif baru pada peserta didik dalam membaca modul dengan memanfaatkan teknologi, dengan adanya e-modul peserta didik bisa mengulang materi pelajaran sains-fisika kapan saja. E-modul sebagai media ajar yang lebih efisien yang dapat digunakan oleh peserta didik dan bahasa yang digunakan lebih mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) peserta didik setelah menggunakan e-modul. Metode yang digunakan adalah mengikuti rancangan Thiagajaran, yaitu Four-D (Define, Design, Devolop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar uji validasi ahli untuk mengukur validitas e-modul dan lembar pengamatan untuk mengumpulkan data kelayakan dan keterampilan proses sains peserta didik. Analisis data dilakukan dengan mengolah data respon validator maupun skala likert kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Data keterampilan proses sains dianalisis menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain media ajar sains berbasis e-modul dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Desain media ajar sains berbasis e-modul dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik selama kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...