Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran aktivitas atletik dalam meningkatkan koordinasi mata-tangan dan kebugaran fisik siswa di Sekolah Dasar Negeri 004 Tambusai Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, melibatkan 30 siswa kelas 4 hingga 6 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan mencakup tes koordinasi mata-tangan melalui lempar-tangkap bola dan pengukuran kebugaran fisik dengan tes lari 20 meter, sit-up, serta lompat jauh. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata kemampuan koordinasi sebesar 24.05% dan kebugaran fisik, termasuk peningkatan kecepatan tes lari 20 meter sebesar 5.6%, jumlah sit-up sebanyak 25%, serta lompat jauh sebesar 8.3%. Analisis regresi menunjukkan bahwa 76% variasi dalam koordinasi dan kebugaran fisik dapat dijelaskan oleh keterlibatan dalam aktivitas atletik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aktivitas atletik secara signifikan berperan dalam meningkatkan koordinasi dan kebugaran fisik siswa, sehingga disarankan untuk menerapkan program atletik yang terstruktur di sekolah dasar..
Copyrights © 2024