JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dengan Menggunakan Media Kertas Lipat (Origami)

Prasetyo, Gino (Unknown)
Wibowo, Yunus Aris (Unknown)
Komariyah, Atik (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berfokus pada topik bangun datar. Bangun datar merupakan subjek dari proyek penelitian tindakan kelas ini. Memperbaiki dan menyempurnakan teknik mengajar di lingkungan sekolah merupakan tujuan utama dari penelitian ini. Peneliti menggunakan ujian dan lembar observasi untuk menyusun hasil mereka. Kinerja instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran dinilai kompeten dengan skor 60,45 menurut temuan Siklus I. Namun, hasil observasi siswa menunjukkan skor 61, yang juga dianggap cukup. Kedua hasil ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih jauh dari memuaskan. Sembilan belas dari tiga puluh tiga siswa pada Siklus I mampu menunjukkan kompetensi dalam belajar mandiri. Perbaikan yang dilakukan pada Siklus II menghasilkan peningkatan yang nyata. Dengan peningkatan menjadi 80, aktivitas guru dianggap sangat baik, sementara aktivitas siswa juga mencapai 82, juga baik. Dari 33 siswa, 31 mampu mencapai penguasaan belajar individu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...