Tujuan penulisan artikel ini mengetahui hasil dari belajar kemampuan berhitung siswa berdasarkan model Problem Based Learning. Artikel ini memiliki metode dengan teknik study literature yang mana mencakup serangkaian aktivitas berhubungan dalam mengumpulkan data dari beberapa pustaka lalu dikaji dengan cara dibaca, dicatat dan diolah secara sistematis dan runtut, analitis dan secara kritis. Artikel ini difokuskan dengan pengaruh Problem Based Learning dalam mengimprove hasil dari belajar kemampuan berhitung tingkat sekolah dasar. Meskipun persiapannya mirip dengan penelitian lainnya, dapat dikatakan bahwa penelitian secara study literature menggunakan data-data sekunder dari beberapa jurnal ilmiah dan sumber lainnya yang terdahulu serta dari situs web dan sumber lainnya yang relevan dengan integrasi Problem Based Learning dalam hasil dari belajar kemampuan berhitung. Berdasarkan kajian studi literature maka diputuskan bahwa adanya penerapan model Problem Based Learning akan meningkatkan hasil belajar kemampuan berhitung peserta didik. Hal ini dapat dilihat karena telah terbukti mampu dalam merangsang keterlibatan peserta didik secara efektif untuk menyelesaikan persoalan matematika. Dengan fokus pada kemampuan nalar mendalam pada konsep berhitung matapelajaran matematika dapat meningkatkan keterampilan berfikir siswa serta dapat lebih memotivasi mereka untuk belajar secara mandiri. Dengan demikian, model problem based learning bisa dijadikan strategi yang effektif dalam peningkatan outcome belajar hitungan ditingkat SD. Itu berarti model Problem Based Learning dapatmeningkatkan kemampuan hasil belajar matematika siswa SD.
Copyrights © 2024