Kurikulum menjadi bagian dari pendidikan yang dirancang untuk mencapai berbagai tujuan pendidikan, yang berfungsi sebagai panduan atau acuan untuk seluruh kegiatan pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum bersifat dinamis dan harus mengalami perubahan mengikuti tuntutan dan perkembangan zaman. Namun setiap proses perubahan dan pengembangan kurikulum harus dengan pendekatan yang terstruktur. Proses ini perlu memiliki visi yang jelas, yaitu menentukan arah dan tujuan sistem pendidikan nasional melalui implementasi kurikulum tersebut. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum adalah perspektif psikologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis literatur yang relevan untuk memahami kontribusi psikologi pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Psikologi pendidikan berfokus pada pemahaman aspek-aspek perilaku dalam konteks belajar mengajar. Kontribusi psikologi pendidikan memberikan perhatian pada bagaimana input, proses, dan output pendidikan dapat berlangsung dengan tetap mempertimbangkan aspek perilaku dan kepribadian peserta didik.
Copyrights © 2024