JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Kontribusi Psikologi Pendidikan terhadap Pengembangan Kurikulum

Asman, Nur Rezky (Unknown)
S, Sintawati (Unknown)
Wulandari, Andi Triwenni (Unknown)
Saleh, Sirajuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Kurikulum menjadi bagian dari pendidikan yang dirancang untuk mencapai berbagai tujuan pendidikan, yang berfungsi sebagai panduan atau acuan untuk seluruh kegiatan pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum bersifat dinamis dan harus mengalami perubahan mengikuti tuntutan dan perkembangan zaman. Namun setiap proses perubahan dan pengembangan kurikulum harus dengan pendekatan yang terstruktur. Proses ini perlu memiliki visi yang jelas, yaitu menentukan arah dan tujuan sistem pendidikan nasional melalui implementasi kurikulum tersebut. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kurikulum adalah perspektif psikologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis literatur yang relevan untuk memahami kontribusi psikologi pendidikan dalam pengembangan kurikulum. Psikologi pendidikan berfokus pada pemahaman aspek-aspek perilaku dalam konteks belajar mengajar. Kontribusi psikologi pendidikan memberikan perhatian pada bagaimana input, proses, dan output pendidikan dapat berlangsung dengan tetap mempertimbangkan aspek perilaku dan kepribadian peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...