JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Media Tempel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jenis Gempa Bumi Siswa Tunagrahita Kelas IV SLB Wacana Asih Padang

Nasution, Angre Claudia (Unknown)
Iswari, Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Dengan menggunakan papan tempel, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar program khusus pada konten terkait gempa bumi untuk siswa tunagrahita kelas IV di SLB Wacana Asih Padang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah sebutan untuk jenis penelitian ini. Tes dan observasi merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data. Analisis deskriptif komparatif terhadap proporsi penyelesaian hasil belajar siswa digunakan untuk memeriksa data. Bagi siswa tunagrahita kelas IV di SLB Wacana Asih Padang, temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dalam bentuk papan tempel dapat meningkatkan hasil belajar mereka dalam hal konten bertema gempa bumi. Peningkatan proporsi KKM siswa secara konvensional berfungsi sebagai bukti hal ini. Peningkatan 50% di atas pra-tindakan terjadi pada siklus I. Kemudian, pada siklus II, proporsinya meningkat 50% dari siklus I, sehingga menjadi 100% secara keseluruhan. KKM yang dimaksudkan sebesar 80% untuk anak tunagrahita kelas IV SLB Wacana Asih Padang secara klasik terpenuhi dengan proporsi ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...