JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pemanfaatan AI untuk Meningkatkan Kreativitas dan Literasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Semester 3 FKIP Unsika

Astsaniah, Alya Safitri (Unknown)
Amelia, Rizky (Unknown)
Fitria , Laily (Unknown)
Sapya, Aulia (Unknown)
Taftazani, Muhammad Wildan (Unknown)
NurLaeily, Tata (Unknown)
Amal, Bahar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi mahasiswa terhadap peran AI dalam meningkatkan kreativitas dan literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini melibatkan 25 mahasiswa semester 3 dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang, yang berpartisipasi melalui kuesioner. Metode penelitian menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas dan representatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mendukung penggunaan AI dalam pembelajaran, terutama untuk memperkaya kosakata, variasi gaya bahasa, dan tata bahasa. Namun, beberapa mahasiswa mengkhawatirkan ketergantungan yang berlebihan pada AI yang bisa mengurangi kreativitas dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi pendidik dalam memanfaatkan AI secara bijak, sehingga dapat memberikan manfaat optimal tanpa menghilangkan peran penting dosen dalam proses belajar mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...