JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan E-Flipbook Berbasis Model Discovery Learning Upaya Peningkatan Sikap Bernalar Kritis dan Pemahaman Menyimak Teks Narasi Siswa Kelas VI SD

Setioyuliani, Syntia Eka Putri (Unknown)
Purwati, Panca Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Rendahnya pemahaman menyimak teks narasi dan sikap bernalar kritis siswa kelas 6 SDN Nongosawit 01, yang di sebabkan oleh model pembelajaran konvensional dan media pembelajaran yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model discovery learning dan media interaktif e-flipbook serta keefektifannya dalam peningkatan sikap bernalar kritis dan pemahaman menyimak teks narasi. Metode yang digunakan yakni mix method atau campuran dengan one group pretest-posttest desain. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 25 siswa. Olah data dilakukan menggunakan SPSS 26 dengan uji normalitas dan uji paired sample t-test.H asil penelitian menunjukan nilai yang signifikan pada uji paired sample t-test, yang menunjukan perbedaan hasil antara pretest dan posttest. Hal ini, menunjukan bahwa penerapan media flipbook berbasis model discovery learning efektif dalam meningkatkan sikap bernalar kritis dan pemahaman menyimak teks narasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...