JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Peluang Dan Tantangan Petani Padi Dalam Meningkatkan Kesejahteraannya Di Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabubaten Batanghari Provinsi Jambi Dalam Persfektif Ekonomi Syariah

Addiarrahman, Addiarrahman (Unknown)
Putriana, Marissa (Unknown)
Dara Yuningsih, Nirmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan yang dihadapi oleh petani padi di Desa Danau Embat, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi, dalam meningkatkan kesejahteraan mereka dari perspektif ekonomi syariah. Desa Danau Embat memiliki potensi pertanian yang cukup besar, terutama di sektor padi dan kelapa sawit, namun pendapatan petani belum mencukupi kebutuhan hidup mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggali data melalui wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang bagi petani padi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka mencakup diversifikasi usaha dengan menanam sayuran dan memanfaatkan media sosial untuk pemasaran. Dukungan pemerintah melalui penyuluhan pertanian, penyediaan benih unggul, subsidi pupuk, dan pengembangan infrastruktur irigasi dan jalan juga sangat penting. Namun, petani menghadapi tantangan signifikan seperti perubahan iklim yang mempengaruhi hasil panen, kurangnya sistem irigasi yang memadai, serta serangan hama dan penyakit. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan strategi mitigasi yang efektif dan peningkatan kapasitas petani melalui pelatihan serta dukungan infrastruktur yang lebih baik. Kolaborasi antara petani, pemerintah, dan lembaga terkait diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk keberlanjutan pertanian dan peningkatan kesejahteraan petani secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...