JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran YouTube dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa di Kelas X AKL SMK Negeri 2 Padang

Zulaini, Welnesa (Unknown)
Ronald, Jimi (Unknown)
Stevani, Stevani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh media pembelajaran YouTube dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa di kelas X AKL SMK Negeri 2 Padang. Jenis penelitian Quasi Experiment menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 144 siswa dan sampel 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran YouTube lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran YouTube di SMK Negeri 2 Padang. Hasil belajar akuntansi siswa dengan kemandirian belajar tinggi yang diajar dengan media pembelajaran YouTube lebih tinggi dari hasil belajar akuntansi dengan kemandirian belajar tinggi yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran YouTube di SMK Negeri 2 Padang. Hasil belajar Akuntansi siswa dengan kemandirian belajar rendah yang diajarkan dengan media pembelajaran YouTube lebih tinggi dari hasil belajar akuntansi dengan kemandirian belajar rendah yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran YouTube di SMK Negeri 2 Padang. Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran YouTube dan dan dengan tidak menggunakan media pembelajaran YouTube dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 2 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...