Penelitian ini diadakan bermaksud untuk melakukan analisis terhadap gaya belajar siswa di SMAN 2 Tualang dan memanfaatkan temuan dari analisis tersebut untuk mengembangkan bahan ajar edupark fisika yang relevan. Penelitian ini tergolong dalam jenis deskriptif analisis dan diadakan pada lingkungan SMAN 2 Tualang melalui keterlibatan 50 siswa dari Fase F. Data didapatkan melalui angket yang dirancang mengacu terhadap indikator gaya belajar. Temuan dari penelitian memperlihatkan siswa menyukai gaya belajar visual, auditori, kinestetik, visual-auditori, dan visual-kinestetik melalui perolehan persentase tiap komponennya 42%, 16%, 20%, 14%, dan 8%. Mayoritas siswa lebih mudah paham dengan materi ajar yang memuat elemen visual, contohnya infografis, video, dan diagram, namun selebihnya lainnya bertambah mudah paham dengan materi yang memuat bahan yang bisa didengar dan bergerak. Melalui pemahaman terhadap bermaca gaya belajar siswa, bahan ajar edupark bisa dikembangkan guna memfasilitasi variasi kebutuhan dan menunjang keefektivan proses belajar siswa.
Copyrights © 2024