JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Persepsi Perempuan Mengenai Pendidikan : Menyatukan Kebanggaan dan Keragaman di Indonesia

Hanuna, Fatimah (Unknown)
Tiatri, Sri (Unknown)
Sharon, Michelle (Unknown)
Nivia, Nivia (Unknown)
Dhiyaashafa, Keisya Azzura (Unknown)
Tucunan, Byosvelma Michelle Blessya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi perempuan tentang pendidikan sebagai sarana pemberdayaan dan keberagaman di Indonesia. Mengacu pada UUD 1945, pendidikan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, namun ketidaksetaraan gender masih membatasi akses perempuan terhadap pendidikan, terutama di daerah terpencil. Penelitian ini juga berhubungan dengan konsep Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 dan 5 yakni pendidikan berkualitas dan kesetaraan gender. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam melibatkan enam mahasiswi Universitas Tarumanagara dari berbagai daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan bagi partisipan adalah alat untuk mencapai kemandirian sosial dan ekonomi, sekaligus mengatasi stereotip gender. Meskipun tantangan masih ada, inspirasi dari tokoh perempuan seperti Kartini mendorong partisipan untuk terus mengejar pendidikan demi pemberdayaan dan kontribusi di masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...