Pelanggaran etika dan integritas akademik di perguruan tinggi Islam di era digital merupakan permasalahan kompleks dan multifaktorial. Studi literatur sistematis ini menganalisis bentuk-bentuk pelanggaran etika akademik, mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya, dan merumuskan solusi preventif dan kuratif berdasarkan nilai-nilai Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelanggaran umum ditemukan antara lain plagiarisme digital, kecurangan ujian online, dan penyalahgunaan internet. Faktor penyebabnya meliputi faktor individu (sikap, motivasi, pemahaman), faktor institusi (sistem pendidikan, kurikulum, kebijakan), dan faktor lingkungan (keluarga, teman sebaya, masyarakat). Solusi yang diusulkan mencakup penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam, pengembangan kebijakan dan sistem yang mendukung integritas akademik, pemanfaatan teknologi secara bijak, dan kerjasama dengan berbagai pihak. Temuan terpenting dari studi ini adalah identifikasi modus operandi pelanggaran etika yang baru muncul seiring dengan perkembangan teknologi digital. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami permasalahan etika akademik di perguruan tinggi Islam secara lebih mendalam dan mengembangkan framework yang integratif dalam menanganinya. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya langkah-langkah konkret dari perguruan tinggi Islam untuk mencegah dan mengatasi pelanggaran etika akademik demi menjaga kredibilitas institusi dan membentuk lulusan yang berintegritas dan bermoral.
Copyrights © 2024