JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Lidah Buaya Dan Mayones Sebagai Krim Creambath Untuk Perawatan Rambut Kering

Maudita, Vina (Unknown)
Hayatunnufus, Hayatunnufus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan rambut yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut, salah satunya rambut kering. Untuk itu, harus ada alternatif untuk mengatasi rambut kering yaitu dengan memakai krim creambath. Bahan tradisional yang dapat dijadikan krim creambath adalah lidah buaya dan mayones. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemakaian krim creambath lidah buaya dan mayones untuk perawatan rambut kering dengan frekuensi perlakuan 1 x 2 hari dan 1 x 3 hari selama tiga minggu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian eksperimen, desain penelitian pre-eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Tata Rias dan Kecantikan angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan  metode observasi, dokumentasi dan lembar penilaian. Teknik analisis data yaitu menggunakan SPSS.30 untuk melihat hasil uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pada perlakuan 1 x 2 hari diperoleh 2 orang (66,6%) memilih tingkat kelembapan rambut yaitu Lembab (L) dan 1 orang (33,3%) memilih tingkat kelembapan rambut yaitu Sangat Lembab (SL). (2) Pada perlakuan 1 x 3 hari diperoleh 2 orang (66,6%) memilih tingkat kelembapan rambut yaitu Normal (N) dan 1 orang (33,3%) memilih tingkat kelembapan rambut yaitu Lembab (L). (3) Hasil Uji-t menunjukkan nilai p= 1.000 (p<0,01), artinya terdapat perbedaan signifikan pengaruh penggunaan krim creambath lidah buaya dan mayones.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...