JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Pembukuan Sederhana Pada Pelaku UMKM Binaan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi

Arigawati, Desy (Unknown)
Nurhayati, Rizfna (Unknown)
Lubis, Nisa Aliya Yahya (Unknown)
Andini, Widya Sari (Unknown)
Ramadhanti, Adinda Naia (Unknown)
Putri, Nabila Hertina (Unknown)
Fauzian, Dimas Arya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Saat ini perkembangan UMKM meningkat pesat seiring berjalannya waktu dan sangat memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, namun masih banyak yang belum memiliki sistem pembukuan yang baik. Hal itu membuat mereka sulit mengakses pembiayaan dari lembaga keuangan formal. Pembukuan yang baik sangat penting karena tidak hanya membantu pemilik usaha dalam memahami kondisi keuangan, tetapi juga menjadi dasar pengambilan keputusan yang lebih baik serta syarat untuk mengajukan pinjaman. Dalam rangka meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM mengenai pentingnya pembukuan, penyuluhan ini akan memberikan edukasi tentang bagaimana melakukan pencatatan keuangan yang sederhana dan efektif. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencatatan keuangan dalam menjaga keberlanjutan usaha. Melalui penyuluhan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih mudah dalam mengelola keuangan usahanya, memantau arus kas, menghitung keuntungan, serta mempersiapkan laporan keuangan untuk mengakses peluang pembiayaan. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Pengabdian kepada Masyarakat, yang menuntut mahasiswa untuk berperan aktif dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi UMKM, tetapi juga memperkuat keterampilan mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku perkuliahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...